Selasa, 13 Januari 2015

Iklan Dalam Etika Bisnis

 

Di zaman yang sudah modern seperti ini banyak iklan di tv yang tidak mendidik. Banyak produk iklan yang berlomba-lomba untuk menarik konsumen agar membeli produknya tanpa memikirkan iklan tersebut berdampak baik atau buruk bagi yang melihatnya.

Saya tertarik untuk membahas suatu iklan produk biskuit yang kurang mendidik yaitu Oreo. Produk ini cukup terkenal dan banyak peminatnya dari anak-anak hingga dewasa, tetapi dalam iklan ini seorang anak bertanya kepada ayahnya “ayah milih biscuit apa HP?” lalu ayah nya pun menjawab memilih HP dibandingkan Oreo. Kemudian ada adegan sang ayah menjilat HPnya untuk membuktikan bahwa ia lebih memilih HP.

Apakah pihak produsen biskuit ini tidak takut kalau menjilat HP ini ditiru anak-anak? Dan tidak tahu bahwa sangat banyak kuman dan virus ada di HP? Sebaiknya produsen membuat iklan yang mendidik agar tidak ditiru oleh anak-anak yang menontonnya.