ANALISIS
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
PERILAKU
KONSUMEN DALAM PEMBELIAN AIR MINUM
MINERAL
DI KOTAMADYA SURABAYA
Oleh
Ritawati Tedjakusuma, Sri Hartini, Muryani Vol. 2 No. 3 Desember 2001: 48 -58
Faktor pendidikan, faktor penghasilan,
faktor kualitas, faktor distribusi dan faktor promosi mempunyai hubungan
positif dengan perilaku konsumen. Hubungan positif menunjukkan bahwa faktor
pendidikan, faktor penghasilan, faktor kualitas, faktor distribusi dan faktor
promosi berubah searah dengan perubahan perilaku konsumen air minum mineral.
Sedangkan faktor harga mempunyai hubungan negatif dengan perilaku konsumen.
Hubungan negatif menunjukkan bahwa faktor harga berubah berlawanan arah dengan
perubahan perilaku konsumen air minum mineral. Dengan membandingkan antara
t-hitung masing-masing variabel bebas ternyata t hitung > t tabel, berarti
variabel-variabel bebas mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap variabel
tergantung.
Pengujian
Hipotesis I (uji F)
Berdasarkan hasil
perhitungan regresi berganda, nilai F hitung = 34,67 berarti lebih besar dari F
tabel sebesar 2,14 dengan probabilitas 0,000 < 0,005. Dilihat dari besarnya
kontribusi seluruh variabel bebas terhadap variabel tergantung adalah sebesar (R2)
0,5188 atau 51,88%, faktor-faktor pendidikan, penghasilan, harga, kualitas, dan
promosi mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap perilaku konsumen air minum
mineral. Ini menunjukkan hipotesis pertama terbukti.
Uji Parsial II
(uji t)
Dari keenam variabel
bebas, berdasarkan angka-angka r2 parsial memiliki kontribusi tertinggi adalah
variabel harga. Jadi hipotesis kedua yang mengatakan harga mempunyai pengaruh
yang dominan terhadap perilaku konsumen telah terbukti.
Tingginya pengaruh di luar model karena banyaknya
faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu : faktor sosial-budaya,
faktor referensi, faktor psikolog, kepuasan di masa lalu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar